Menyeduh Kopi Dengan Metode Pour Over

18.30 Unknown 0 Comments


Metode pur over merupakan metode dalam penyeduhan kopi yang sudah dikenal sejak lama. Metode ini memang tidak sulit namun juga tidak sederhana, karena dalam menyeduh kopi membutuhkan proses yang jeli agar dihasilkan seduhan kopi yang berkualitas dan nikmat. Dalam tekhnik penyeduhan kopi yang dilakukan secara manual, Pour Over adalah metode penyeduhan kopi yang menurut kami paling cepat, praktis dan efisien.

  1. Siapkan kertas filter yang akan digunakan.
  2. Didihkan air hingga mencapai suhu 92 - 95 derajat celcius.
  3. Siapkan biji kopi yang akan diseduh.
  4. Sambil menunggu air mendidih, giling biji kopi. Ukuran bubuk kopi yang ideal untuk metode ini adalah medium. ukuran bubuk kopi yang serupa dengan ukuran garam dapur halus. Untuk  rasio kopi dan air, bisa anda sesuaikan dengan selera anda. Untuk itu banyaklah-banyaklah bereksperimen guna mengetahui rasio yang pas dengan lidah anda.
  5. Tempatkan filter kertas tadi ke puor over. 
  6. Kemudian basahi por over dengan sedikit air panas. Usahakan air panas mengenai semua bagia kertas.
  7. Masukan bubuk kopi yang telah digiling kedalam pour over kemudian buat lubang kecil pada bagian tengah.
  8. Kemudian tuangkan setengah air yang telah anda didihkan tadi secara perlahan. Anda bisa menuangkan air dari bagian tengah kemudian berlanjut dengan gerakan melingkar. Trik yang disebut Stepping Time ini bertujuan untuk memberikan waktu pada kopi untuk mengeluarkan aroma dan rasa terbaiknya. Agar hasil seduhannya maksimal, dalam setiap gerakan satu lingkaran Anda perlu mendiamkan sebentar hingga air yang dituangkan terserap hingga bagian dasar kopi.Langkah ini diulangi seterusnya hingga selesai.Durasi 3 menit sampai 4 menit.
  9. Selanjutnya anda hanya perlu menunggu proses driping selesai. Setelah itu, anda dapat langsung secangkir kopi nikmat yang aromatik dan menggugah selera.

0 komentar: