Membuat Kopi Tubruk Enak

18.17 Unknown 0 Comments

APA ITU KOPI TUBRUK?

Kopi tubruk adalah cara membuat kopi paling awam. Maksutnya cara membuat kopi tubruk adalah dengan mencampur kopi dengan gulan. Namun di kedai kedai kopi tubruk disajikan tanpa gulan. Memang lebih baik meminum kopi tanpa gula.

CARA MEMBUAT KOPI TUBRUK YANG HARUS DIPERHATIKAN

1. Air

Dianjurkan memakai air mineral merk Amidis untuk menyeduh kopi. Ini anjuran dari barista-barista yang ada di caffe. Air Amidis lebih bisa mengeluarkan karakter kopi.

Jika tidak ada air iru, pakai air sehari-hari saja. Dan pastikan air tersebut segar dan tidak berbau.

Untuk membuat air tubruk biasanya air dipanaskan hingga 90 derajat celcius.

2. Kopi yang akan diseduh

Dianjurkan memakai biji kopi yang baru digiling. Lebih ideal lagi, biji kopi yang akan kita giling harus pula segar. Ia harus fresh dari tempat roasting (sangrai). Jangan gunakan biji kopi sangrai yang sudah mendekam lebih dari 2 bulan.

Maka dari itu, baiknya kita punya grinder (penggiling kopi) sendiri. Dengan cara ini, seduhan kopi tubruk yang nanti kita hasilkan akan lebih segar, beraroma dan mengeluarkan karakter terbaiknya.

3. Alat sebuh

Untuk kopi tubruk, alat yang digunakan pun sederhana. Ada panci untuk memasak air, teko untuk menuang air, sendok untuk mengaduk (jika perlu), serta server atau cangkir untuk wadah si kopi tubruk.

4. Komposisi air dan kopi

Jika air terlalu banyak, seduhan akan encer. Jika dosis kopi terlalu banyak, ia bisa mengalahkan rasa dan karakter lain. Prinsip yang biasa dipegang adalah 1/15. Satu bagian kopi untuk 15 bagian air.

Jika kita punya kopi 20 gram, maka air yang kita pakai sekitar 300 ml. Prinsip ini dipercaya akan mengeluarkan rasa dan karakter kopi secara optimal.

5. Waktu seduh

Untuk metode tubruk ini, waktu yang kita butuhkan kira-kira 4 menit.

Sebagai tambahan, pada awal menyeduh sebaiknya kita membasahi kopi selama 30 detik. Ini kita lakukan untuk memanaskan bubuk kopi secara awal (pre-heating). Selain itu, ini kita lakukan juga untuk mengeluarkan gas yang terkandung di kopi dan sela-selanya.

Baca Juga : PEREMPUAN HARUS MINUM KOPI, KENAPA? INI ALASANNYA

0 komentar: