Ampas Kopi Bisa Dijadikan Minuman Alkohol

18.21 Unknown 0 Comments

Para ilmuan dengan luar biasa menemukan formula untuk membuat minuman alkohol yang terbuat dari ampas kopi. Ya, sisa kopi yang biasanya dibuang penggunanya setelah menyeduh kopi. Ampas-ampas kopi ini kemudian dikumpulkan untuk diolah menjadi minuman rasa kopi yang nikmat dan efeknya sama seperti meminum minuman beralkohol yang nikmat.

Baca Juga : Cara Membuat Kopi Hitam Paling Enak
Para ilmuan yang menciptakan minuman alkohol dari ampas kopi ini mengatakan bahwa minuman yang satu ini 80% terbukti membuat para peminumnya merasakan efek yang sama seperti mereka meminum minuman beralkohol lainnya. Jadi meskipun dari ampas kopi yang sudah tidak digunakan, secara ajaib juga mampu memuaskan mereka yang meminumnya.
Dalam sebuah studi yang pernah dirilis secara online oleh LWT – Food Science and Technology, gabungan tim peneliti dari Spanyol dan Portugal menjelaskan bahwa proses pembuatan minuman ini disebut dengan julukan “spent ground coffee”. Minuman ini mungkin tidak seenak minuman liquors kebanyakan dan juga tak sama persis dengan minuman kopi yang sudah ada, tetapi memberikan sebuah cita rasa yang sangat unik. Minuman ini mampu memberi rasa dan efek yang ‘menyenangkan’ dengan aroma khas kopi yang kuat tentunya. Meskipun berasal dari ampas kopi, minuman ini tak kehilangan ciri kopinya. 
Lalu bagaimana sebenarnya proses pembuatan minuman beralkohol dari ampas kopi ini? Menurut sumber yang kami kutip dari Science Magazine ini, para peneliti mengawalinya dengan mengeringkan ampas-ampas kopi yang ingin diolah menjadi minuman di sebuah roasting company asal Portugal. Kemudian ampas-ampas kopi tersebut dipanaskan bersama air dengan temperatur kira-kira 325 derajat farenheit selama kurang lebih 45 menit.
Kemudian dilakukan pemisahan antara ampas dan air. Setelah itu barulah ditambahkan gula dan ragi. Nah, setelah beberapa saat para peneliti membiarkan proses fermentasi terjadi pada minuman ampas kopi tadi. Hingga kira-kira waktunya cukup baik untuk mencapai kandungan alkohol seperti yang diinginkan.
Minuman alkohol kopi ini memiliki kandungan etanol sebanyak 40%. Tapi jangan berharap bahwa minuman ini akan mengandung banyak kafein selayaknya kopi biasa. Karena kandungan kafein luruh bersama proses fermentasi dan mengurangi kadarnya secara signifikan. So almost there is no caffeine in your drink, just alcohol! Asik, ‘kan? Mari sama-sama berharap minuman ini segera bisa dinikmati siapa saja yang ingin ‘ngopi’ dengan sensasi berbeda. Salam kopi!

0 komentar: