Alat Canggih Di Dunia Kopi

20.14 Unknown 0 Comments

1. VST LAB Refractometer


Alat kopi yang satu ini merupakan instrumen handy generasi keempat yang telah dikembangkan dan diciptakan untuk menghadirkan hitungan laboratory secara tepat dan presisi ke dalam genggaman. Perhitungan refractometer kopi VST Lab yang akurat dan presisi ini bahkan disamakan dengan dehradration oven yang adalah sebuah karya seni. Refractometerberfungsi untuk mengukur TDS, alias Total Dissolved Solids, alias tingkat kelarutan konsentrasi pada kopi. Dengan mengetahui TDS ini, barista atau penyeduh kopi pun bisa mengetahui apakah kopi tersebut sudah terekstraksi dengan maksimal atau tidak, sehingga baik untuk menjaga konsistensi kualitas kopi yang disuguhkan. VST LAB Refractometer didesain untuk menghitung konsentrasi kopi dengan lebih cepat dan akurat. Alat ini akan secara otomatis mengoreksi temperatur dalam rentang suhu 15-40°C. Jika digunakan dan dirawat dengan baik, refractometer bisa bertahan selama bertahun-tahun tanpa adanya masalah/kendala teknis.

2. Portafilter Scace 2

Portafilter yang dilengkapi dengan fitur Scace 2 Thermofilter ini merupakan alat kopi yang akan sangat berguna bagi para barista. Scace 2 thermofilter yang dimilikinya bisa memberikan “informasi” dan gambaran baik tentang temperatur dan tekanan langsung dari mesin espresso. Portafilter ini juga sangat ideal untuk mengukur temperatur dalam 10 level. Thermocouple tipe “T” sangat cepat dan akurat ketika dihubungkan dengan termometer digital.

Sebagaimana sudah diketahui, tekanan adalah salah satu faktor fluktuasi lain yang dianggap penting dalam menjaga stabilitas mesin espresso. Mengetahui berapa tekanan sama pentingnya dengan mengetahui tekanan temperatur/suhu, karena itulah portafilter ini didesain dengan kelengkapan 2 fitur itu sekaligus. Karena kopi bisa terasa berbeda jika disajikan dalam tekanan yang berbeda pula. Thermofilter Scace 2 pada portafilter ini memiliki pressure gauge terintegrasi (dan berisi gliserin) yang akan memberi performa tekanan akurat pada proses ekstraksi. Juga alat ini mampu mengetahui temperatur dan tekanan pada mesin espresso yang tentunya akan memengaruhi espresso yang dihasilkan.
3. Lighttels Coffee Roast Degree Analyzer


Diberkatilah kehadiran alat canggih yang satu karena dirasa sangat membantu para roasterdalam menjaga konsistensitas hasil kopi yang disangrainya. Lighttells Coffee Roast Degree Analyzer ini dengan bantuan NIR Photometer yang tertanam di dalamnya mampu mendeteksi dan memberi tahu para penggunanya proses karamelisasi dari biji kopi (dan bubuk kopi) yang telah disangrai. Jadi secara ajaib alat ini mampu memberi tahu ‘kadar’ tiap biji kopi yang telah disangrai. Sehingga kopi yang telah disangrai akan menghasilkan konsistensitas karena telah dites langsung dengan menggunakan alat ini. Kehadirannya tentu meminimalisir hasil tidak konsisten yang biasa terjadi dalam proses penyangraian. Alat ini mampu menganalisa hasil sangrai dan menerjemahkannya ke dalam angka-angka. Lighttells Coffee Roast Degree Analyzer ini adalah salah satu penemuan canggih yang wajib dimiliki para coffee roasters.


0 komentar: