Mau Jago Meracuk Kopi Seperti Barista? Ada Sekolahnya Lho..

18.16 Unknown 0 Comments


Sekolah Barista ini bernama A Bunch of Caffeeine Dealers atau disingkat ABCD. Sekolah ini terletak di Jalan RP Soeroso, Menteng, Jakarta Pusat.

Murid-murid disini diajarkan cara menakar dan menggiling kopi, menuangkan air panas di kertas penyaring, sampai tersaji di cangkir kopi yang nikmat itu.

Baca Juga : Nikmati kopi dengan gelas terbalik di Yogyakarta

Setiap kelas terdiri dari empat bagian yaitu appreciation, brewing, cupping, dan latte. Ve Handoyo, satu dari 2 pemilik Sekolah ABCD mengatakan dalam apreeciation, peserta diperkenalkan teori dan filosofi secara mendalam.

Di sekolah ABCD para peserta dapat memilih kelas dalam bentuk paketan seperti per bagian diatas. Harga kelas paket (appreciation, brewing, cupping, dan latte) dibanderol dengan harga Rp 5.000.000. Kalau kelas perbagian dibanderol dengan harga:
Kelas Appreciation = Rp 500.000
Kelas Brewing        = Rp 1.000.000
Kelas Cupping        = Rp 1.200.000
Kelas Latte             = Rp 3.300.000

Ferry William, 31 tahun, peserta Sekolah Kopi ABCD mengatakan menjadi barista bukan tujuan utamanya. "Tapi, ingin mendapatkan pengetahuan tentang kopi," ujar warga Pluit, Jakarta Utara ini. Dengan ilmu barunya itu, pengusaha ekspedisi itu ingin melebarkan bisnisnya jadi pengekspor biji kopi.

0 komentar: