Apa Itu Vacuum Pot ?

18.55 Unknown 0 Comments


Vacum pot adalah semuah metode dalam proses penyeduhan kopi. Vacuum coffee pot,
atau yang lebih dikenal dengan syphon brewer, termasuk salah satu metode paling tua (sekaligus paling menyenangkan) dalam proses penyeduhan kopi.

Alat pembuat kopi syphon sendiri terdiri dari 2 chambers. Bagian chamber bawah diisi dengan air dan dipanaskan hingga mencapai suhu tertentu. Sementara chamber bagian atas diisi dengan bubuk kopi, posisinya yang tepat di bagian atas membuatnya berfungsi semacam ‘seal’yang menutupi air di dalam chamber bagian bawah. Inilah yang kemudian membuat air di chamber bagian bawah tadi menguap dan memiliki tekanan. Tekanan uap air yang terperangkap di chamber bawah kemudian mendorong air naik ke atas, yaitu ke chamberbagian atas melalui pipa kaca dan filter yang telah dipasang.
Pada tahap ini, suhu air biasanya berada di bawah titik didih dan ideal untuk membuat kopi. Namun proses brewing tetap dibiarkan menurut waktu yang diinginkan agar air yang sudah bercampur dengan kopi tadi bisa tetap terseduh dengan baik. Adalah penting untuk menjaga burner tetap menyala di bagian bawah chamber agar proses brewing bisa tetap terjaga.

Untuk menyelesaikan proses penyeduhan dengan syphon, yang diperlukan cukup dengan menyingkirkan pemanas atau tungku api di bagian bawah chamber. Ketika uap air sudah mendingin, maka ia akan mengembun kembali ke dalam air dan menciptakan semacam ruang hampa (vacuum) yang mendorong kopi dari chamber atas melewati filter dan kembali ke chamber bawah. Sementara itu, ampas kopi akan tetap tertinggal chamber atas. Kopi yang sudah terseduh pun berada di chamber bawah dan siap dituangkan.



0 komentar: