Jam 10 Pagi Adalah Waktu Terbaiki Minum Kopi

18.38 Unknown 0 Comments


Para ilmuan menyatakan bahwa waktu yang paling tepat meminum kopi adalah jam 09.30 sampai 11.30 pagi. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan kafein berinteraksi dengan hormon penting dalam tubuh, yaitu hormon kortisol yang membantu meregulasi jam internal tubuh serta meningkatkan kewaspadaan. Secara alami, hormon kortisol tubuh normalnya berada pada titik yang tinggi sesaat setelah bangun tidur, dan akan bertahan hingga beberapa jam.

Baca Juga : Membuat Kopi Nikmat Ala Internasional

Kortisol yang produksinya menjadi tinggi saat sedang stress, membantu mengubah cadangan energi dalam tubuh menjadi gula, sehingga dapat digunakan oleh sel-sel tubuh sebagai bahan bakar.

Itulah mengapa ilmuan menyarankan jika minum kopi, waktu yang paling tepat adalah antara jam 09.30 - 11.30, karena kortisol dalam tubuh sedang rendah, sebulum akhirnya memuncak pada siang hari.

Akan tetapi para peneliti jiga mengingatkan bahwa siklus kortisol bagi setiap orang berbeda-beda. Misalnya saja pada seseorang yang terbiasa bangun lebih awal setiap harinya, maka waktu yang paling tepat baginya minum kopi bisa jadi lebih pagi daripada waktu yang disebutkan.

0 komentar: