Alasan Kenapa Orang Indonesia Suka Minum Kopi

19.12 Unknown 0 Comments

Kopi adalah minuman populer di Indonesia. Mulai dari rakyat kelas bawah sampai pejabat-pejabat negara begitu mengidolakan kopi. Ia begitu populer sampai kedai-kedai kopi tradisional hingga kafe-kafe modern selalu kedatangan pengunjung untuk mencicipinya.

Kadang kita bertanya-tanya, bagaimana sih ceritanya, satu minuman ini bisa begitu digemari di Indonesia? Berikut cerita sejarahnya.

1. Kopi Indonesia Memiliki Kualitas Yang Sangat Baik
Belanda mendatangkan kembali kopi ke Indonesia dari Malabar, India pada tahun 1706. Setelah diteliti tanaman kopi yang ditanam di Indonesia memiliki kualitas sangat baik. Belanda kemudian membuat perkebunan kopi di berbagao pulau seperti Sumarta, Sulawesi, Bali, Timor, dll.

2. Kopi Yang Datang Pertama Kali ke Indonesia adalah Jenis Kopi Robusta
Kopi menjadi komoditas andalan pemerintah Belanda. Awalnya adalah jenis arabika, namun ternyata jenis ini mudah terserang penyakit karat daun pada 1878. Pemerintah Belanda pun mendatangkan jenis liberika untuk menggantikan tipe arabika di perkebunan dataran rendah.

3. Kopi Sudah Ada Sejak Jaman Belanda
Konon cerita, kopi telah populer di Indonesia semenjak dahulu kala. Ketika Belanda berusaha membawa bibit-bibit kopi untuk ditanam di tanah-tanah Nusantara pada tahun 1696. Bibit-bibit itu disimpan di Kedawung, dekat Batavia (alias Jakarta tempo dulu). Sayangnya gagal karena kebanjiran.

0 komentar: